Pelatihan Webinar

Strategi Menghadapi Audit Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa

Aktivitas yang dilakukan dalam proses pengadaan barang dan jasa diantaranya adalah perencanaan, persiapan, pemilihan penyedia, pelaksanaan kontrak dan serah terima pekerjaan  Seiring dengan perkembangan organisasi yang semakin maju maka akan meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh organisasi tersebut dalam segala bidang, baik dengan penyedia maupun dengan konsumen. Tujuan akhir dari proses pengadaan adalah untuk mendapatkan barang/jasa yang memberikan nilai tambah bagi organisasi atau dikenal dengan konsep value for money.

Namun demikian di sektor pemerintah banyaknya regulasi yang mengatur tentang Tata Laksana dalam Penyelenggaraan Pengelolaan Keuangan Negara yang di dalamnya terdapat Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang wajib diikuti oleh setiap penyelenggara Negara, khususnya bagi Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pencapaian tujuan pengadaan tersebut  seringkali dipahami secara berbeda oleh Pengelola Pengadaan Barang/Jasa maupun oleh Auditor dalam proses audit pengadaan barang/jasa. Akibatnya tidak sedikit kasus yang membawa dampak tidak semata-mata terhadap turunnya manfaat hasil pengadaan namun juga terlebih lagi risiko hukum yang harus ditanggung oleh Pengelola Pengadaan Barang/Jasa tersebut.

Auditor yang memahami aspek risiko dengan baik, akan selalu menjadikan kegiatan pengadaan ini sebagai obyek audit yang memerlukan pengujian lebih mendalam. Sehubungan dengan risiko yang sangat besar dalam proses pengadaan barang dan jasa, maka perlu adanya upaya dan strategi yang tepat untuk mencegah, mendeteksi dan mengungkapkan kecurangan yang sangat mungkin sekali terjadi pada pengadaan barang dan jasa. (Alinea 4) Hal inilah yang perlu disikapi oleh para Pengelola Pengadaan untuk dapat mengetahui ukuran-ukuran yang digunakan proses audit, memahami pola audit, serta memahami risiko-risiko yang akan terjadi atau bagaimana bisa memitigasi risiko yang ditimbulkan dari pelaksanaan Audit tersebut.

 

 

Tujuan Kegiatan

• Mampu memahami Konstruksi dari Berbagai peraturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dari sisi Auditor maupun APH

• Mempersiapkan Peserta Untuk mampu dalam menghadapi Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

• Mempersiapkan Peserta dalam rangka menghadapi Risiko dan Implikasi Hukum

• Mempersiapkan Peserta untuk dapat mengambil langkah langkah Preventif dalam setiap tahapan dalam Pengadaan

• Memberikan Bekal Tentang Indikator dalam Audit

• Memberikan Bekal pemahaman Hukum, khususnya dalam pengadaan Barang/Jasa

 

Benefit yang Akan

Anda Dapatkan Jika Mengikuti Webinar Kali Ini..

Kelas Online

Peserta akan mengikuti kelas online. Pertemuan sesuai jadwal kelas yang Anda pilih.

Grup Diskusi

Tiap peserta bisa bergabung kedalam grup khusus yang sudah kami sediakan dalam grup Whatsapp.

Sertifikat Pelatihan

Diberikan secara online, dan Tim kami akan mengirimkannya melalui alamat email.

Materi:

  1. Titik Krisis Pengadaan Barang/Jasa menurut Auditor dan APH
  2. Tahapan Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  3. Implikasi dan Risiko Hukum hasil Audit
  4. Strategi dan Mitigasi Risiko Permasalahan Hukum dalam Pengadaan

Biaya & Fasilitas

Rp 400,000

  • Modul/ Materi (Pdf)
  • Tatap Muka Online
  • Group Diskusi
  • E-Sertifikat Online

Anda juga Bisa Hubungi Panitia:

  • 6282135567208
  • (024) 76918617

Copyright 2020 UNDIP - All Rights Reserved